Berita - BBC News Indonesia - BBC.com

liputan berita oleh BBC.com

Sampah plastik menjadi masalah di berbagai wilayah di Indonesia. Perusahaan PT Marimas Putera Kencana Semarang, berusaha melakukan sesuatu dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi Marimas EcoBrick yang bisa dibuat menjadi furnitur bahkan bangunan. Penasaran ? saksikan video berikut.

Sejarah Marimas Ecobricks

pelatihan ecobricks marimas
pelatihan ecobricks marimas

Sudah bertahun-tahun lamanya PT Marimas Putera Kencana memberikan perhatian dibidang Lingkungan melalui Program Tukar Bungkus Kosong kepada Pedagang Marimas. Program ini dimaksudkan untuk mengurangi sampah kemasan Marimas yang dibuang oleh pedagang. Bungkus Kosong Marimas dikembalikan ke Pabrik dan dikelola melalui Bank-Bank Sampah Mitra Marimas menjadi Kreasi Daur Ulang.

Berjalannya waktu, Marimas melihat bahwa alangkah lebih baik jika setiap individu dapat mengelola sampah plastiknya sendiri. Maka di akhir 2017, Marimas mulai mengenal dan mendalami tentang Ecobricks. Pada 14 -15 Desember 2017 dimulailah Training of Trainer (ToT) Pelatihan Ecobricks menghadirkan Founder Global Ecobricks Alliance yaitu Russell Maier dan Ani Himawati di Kantor PT Marimas Putera Kencana. ToT tersebut mencetak 43 Trainer Ecobrick bersertifikat GEA di Kota Semarang.

Para Trainer Ecobricks bergerak di Komunitasnya masing-masing, sedangkan Marimas bergerak melalui Program MARIMAS ECOBRICKS membuka kelas Pelatihan Ecobricks untuk umum secara gratis tiap Sabtu terakhir setiap bulannya selama tahun 2018. Selain Jadwal Pelatihan Reguler yang sudah terjadwal, banyak pula permintaan Pelatihan Ecobricks diluar jadwal regular dari komunitas atau instansi yang juga peduli lingkungan.

Hingga Mei 2018 ini total peserta Pelatihan Marimas Ecobricks sebanyak 1.204 orang, Komunitas atau Instansi yang terlibat antara lain :

  • Purna Paskibraka Jawa Tengah
  • Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Semarang
  • MM UNDIP, STIP FARMING, UPGRIS, UIN, UNNES dan Universitas / Perguruan Tinggi lainnya
  • Fatayat NU Banyubiru, Paroki Sambiroto, Paroki Bongsari dan Organisasi Keagamaan lainnya
  • SLB M Surya Gemilang Limbangan, SMA N 5 Semarang, SMPN 12 Semarang dan sekolah lainnya
  • Kecamatan Mijen Semarang dan Kecamatan Kartosuro Sukoharjo
  • Kelurahan – Kelurahan di Kota Semarang
  • BKM Ngesrep, berbagai Bank Sampah Kota Semarang, Sampah Muda, Earth Hour Semarang dan Komunitas / Instansi Lainnya
    dan lain sebagainya

Semoga dengan mengenal Teknik Ecobrick ini kita semua dapat mulai mengelola plastik-plastik kita sehingga lebih indah dan sehatlah lingkungan Bumi kita tercinta. Ayo saatnya membuat Marimas Ecobrick.

Maret. 2019

Marimas Ecobricks 1000 Laptop

PT Marimas Putera Kencana mengajak sekolah di Indonesia menjadi bagian dari generasi keren yang mencintai lingkungan dengan mengolah plastik jadi sesuatu yang beguna dan kreatif. Melalui kegiatan ini sekolahan diajarkan membuat sejumlah Ecobricks untuk kemudian ditukar dengan sebuah laptop.
2018

Pelatihan Ecobricks dan Lomba Artikel

Sepanjang tahun 2018 kami mengadakan pelatihan Ecobricks dengan peserta dari berbagai kalangan di Indonesia. Program pelatihan ini berhasil menciptakan ribuan Ecobricks dan mencetak 43 Trainer Ecobricks bersertifikat GEA
Desember. 2017

Aliansi Ecobricks

PT Marimas Putera Kencana mulai mengenal dan mendalami tentang Ecobricks. Pada 14 -15 Desember 2017 dimulailah Training of Trainer (ToT) Pelatihan Ecobricks menghadirkan Founder Global Ecobricks Alliance yaitu Russell Maier dan Ani Himawati di Kantor PT Marimas Putera Kencana
Kilogram Limbah Plastik
Ecobricks Tercipta
Peserta Pelatihan Ecobricks
Trainer Bersertifikat GEA